Minggu, 19 Desember 2010

Kaliurang Dipadati Pengunjung, Meningkat 10 Persen




NILAH.COM. Sleman - Objek wisata bukit Kaliurang di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada libur Natal bersamaan dengan libur panjang sekolah dipadati pengunjung termasuk dari luar daerah.

"Pengunjung hari ini dari pagi hingga malam kami prediksikan bisa mencapai tujuh ribu orang lebih," kata petugas di tempat pemungutan retribusi (TPR) Kaliurang Atmadi Kurniawan.

Menurut Atmadi Kurniawan, pengunjung objek wisata Kaliurang tidak hanya dari DIY dan daerah sekitarnya, tetapi juga dari berbagai kota di luar daerah seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan bahkan kota di luar Pulau Jawa.

"Jika dilihat dari nomor polisi kendaraan yang mereka tumpangi, banyak wisatawan yang datang dari sejumlah kota besar di Jawa, dan sebagian lainnya dari Sumatra," kata Atmadi Kurniawan.

Sedangkan wisatawan lokal, jumlahnya juga banyak, dan mayoritas mereka menggunakan sepeda motor.

Wisatawan mulai memadati objek wisata Kaliurang sejak Kamis (24/12) lalu, dan diperkirakan puncaknya akan terjadi pada malam tahun baru nanti.

"Libur Natal dan Tahun Baru tahun ini bersamaan dengan libur panjang sekolah, sehingga banyak keluarga yang memanfaatkan untuk mengunjungi Kaliurang," kata Atmadi Kurniawan

Diperkirakan jumlah pengunjung Kaliurang pada libur natal dan tahun baru kali ini akan meningkat sekitar 10% dibanding tahun lalu.

"Jika pada tahun lalu selama libur Natal dan Tahun Baru jumlah pengunjung mencapai 16.000 orang, maka tahun ini diperkirakan bisa mencapai 18.000 lebih," katanya.

Untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pengunjung, pengelola objek wisata Kaliurang menambah jumlah petugas di TPR, sehingga pengunjung dapat terlayani dengan baik.

"Selain itu, pengamanan juga ditingkatkan dengan menempatkan anggota polisi untuk melakukan pengawasan dan patroli keamanan guna mengantisipasi kemungkinan terjadi gangguan keamanan dan ketertiban." [*/lia]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar