Jumat, 31 Desember 2010

Perayaan Malam Tahun Baru 2011 di kota Jogja

Barangkali menjadi sebuah catatan yang relative unik dibandingkan ritual sama pada tahun-tahun sebelumnya. Walikota Jogja Pak Hery Zudianto tampak tidak melewatkan momen berharga ini sebagai bagian dari kampanye kembali bersepeda melalui Program Sega Segawe.
Acara diawali dengan panggung hiburan di depan Balai Kota Jogja yang sudah mulai disulut sejak pukul 20.00. Panggung hiburan ini sekaligus sebagai meeting point dari semua komunitas sepeda yang ada di Jogja yakni mulai dari Podjok, Opoto, Pory, JOC, B2W, Sepeda Tinggi, Seli, Low Rider, dan sekian banyak komunitas lainnya. Terlihat ribuan pesepeda hadir menikmati suasana yang sangat meriah tersebut.
Ketika malam beranjak menjelang pukul 21.30, diadakan siaran radio lapangan dengan acara wawancara bersama Walikota, Wawali, Dandim 0734 dan Wakil Komunitas Sepeda yang dengan bersemangat menyuarakan ajakan dan himbauan kepada masyarakat untuk kembali bersepeda. Kemudian tepat pukul 22.00, Walikota Jogja mulai memimpin Konvoi Sepeda berangkat dari Balai Kota menuju Monumen SO 1 Maret melalui jalan Malioboro. Luarbiasa….jalan-jalan Jogja yang biasanya disesaki motor dan mobil…berhasil dikuasai para pesepeda yang secara istimewa dikawal oleh Patwal dan Satpol PP untuk mendominasi sepanjang jalan yang dilewati. Masing-masing komunitas tampak membawa plakat-plakat kampanye yang sarat dengan pesan-pesan singkat namun menarik  yakni berupa slogan dan ajakan kembali bersepeda seperti misal yang cukup segar khas Jogja: “Tuku soto karo babat…ngepit yo dab…”,  ”Nyepeda ke School tetep COOL…”, dan “PIT= Penak…Irit…Tentrem…Ayo Ngepiiiiiit…”
Meskipun jalanan cukup padat, namun Konvoi Sepeda akhirnya sampai juga dengan selamat ke Monumen SO 1 Maret dan kemudian berlanjut parkir di sepanjang Jalan Senopati depan Taman Pintar yang memang sejak sore sudah diamankan Poltas untuk diperuntukkan bagi para pesepeda dan pejalan kaki. Saat rombongan onthelis Podjok sudah duduk manis parkir sepeda…mulailah masyarakat pejalan kaki yang berlalulalang tidak mau ketinggalan memanfaatkan momen berharga ini dengan berfoto bersama Kerabat Podjok yang tampil dengan kostum Jadoel seperti biasanya.
Apresiasi setinggi-tingginya perlu kita berikan kepada para Muspida Kota Jogjakarta yang secara serius dan tulus telah mendudukan para pesepeda sebagai warga istimewa pada perayaan Malam Tahun Baru 2011. Kita sungguh bangga dengan teladan dan upaya yang mereka lakukan untuk merubah pola perilaku masyarakat guna menjadi lebih mencintai lingkungan hidup melalui less carbon life style.
 2010jan1n010.JPG
#1 Onthelis Podjok selalu tampil beda…klasik tapi asyik…
 2010jan1n022.JPG
#2 Wawali Jogja Pak Haryadi Suyuti dan Dandim 0734 Jogja Letkol Aruadji Anwar
2010jan1n026.JPG
#3 Bersiap-siap sebelum Konvoi Sepeda berangkat…
 2010jan1n041.JPG
#4 Tokoh pencetus dan penggerak Program Sega Segawe, Walikota Jogja Pak Herry Zudianto
 2010jan1n050.JPG
#5 Kerabat Podjok meski Jadoel habis, ternyata tetap digandrungi cewek-cewek…mau?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar